HARI PERTAMA: SAMBUT KEMERDEKAAN INDONESIA KE-77 DENGAN BERBAGAI MACAM LOMBA

Senin, 15 Agustus 2022 siswa-siswi SMK PGRI Turen memperingati perayaan Kemerdekaan Indonesia yang ke-77. Perwakilan masing-masing kelas ikut serta dalam merayakan lomba yang diadakan oleh pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Sebelum lomba dilaksanakan Bapak Ibu Guru, Karyawan, dan siswa-siswi mengikuti upacara bendera terlebih dahulu karena merupakan kegiatan rutin setiap hari Senin.

Pada tahun ini, kegiatan lomba dibagi menjadi dua sesi, yaitu pada tanggal 15 Agustus dan 16 Agustus. Adapun kegiatan yang dilombakan pada hari pertama adalah balap kelereng, balon berpasangan, memasukkan paku ke dalam botol, makan kerupuk, dan rawa beracun. Tujuan memilih jenis perlombaan tersebut agar meningkatkan kekompakan antar siswa di kelas masing-masing.

            “Lomba balap kelereng itu lelah tapi seru. Tetaplah semangat dan jangan putus asa.” Ucap salah satu narasumber kami. Lomba balap kelereng kali ini di menangkan oleh kelas X TKJ atas nama Rafif. Selain lomba kelereng, ada lomba yang tidak kalah seru yaitu balon berpasangan yang dimenangkan oleh kelas XII OTKP. “Lomba balon berpasangan menyenangkan tapi merasa lelah juga,” ujar Saiful.

             Sebagai ketua OSIS, Kak Ilham menyampaikan suka duka yang dialami selama proses pelaksanaan kegiatan. “Sukanya adalah membuat teman-teman sekolah senang, sedangkan dukanya ketika ada kata-kata sindiran dari teman-teman yang tidak suka dan dan tidak mendukung acara ini”.

Bapak Wahyu Khoiril Hidayat selaku kepala sekolah mengatakan bahwa kegiatan lomba ini memang diusulkan dari siswa untuk siswa. Harapan beliau, siswa belajar di sekolah nanti pada saat mereka sudah lulus dari sekolah bisa berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Respon positif dari Beliau kegiatan-kegiatan tersebut berpotensi memunculkan potensi-potensi yang sebenarnya mereka punya.

Wawancara bersama Bapak Kepala Sekolah

              Lomba ini dapat dilaksanakan setiap setahun sekali, sekolah juga tidak harus disibukkan dengan pelajaran, jadi perlu senang-senang meskipun itu tidak setiap hari. Lomba tersebut mengingatkan kita bahwa kita sudah merdeka, kita tinggal menyukseskan Kemerdekaan kita dengan hal-hal positif, contohnya dengan mengadakan lomba-lomba Kemerdekaan. Dengan adanya lomba ini bisa meningkatkan rasa percaya diri siswa.

              Harapan Beliau dengan adanya kegiatan di sekolah, siswa-siswi dapat mengembangkan potensinya tanpa dorongan dari gurunya, jadi Beliau sebagai guru sekaligus Kepala Sekolah memberikan dukungan serta mengevaluasi kegiatan yang dilakukan oleh siswa contohnya, seperti lomba Agustusan yang dilakukan oleh OSIS sekarang ini.

 

(Zefanya, Fanny, Aulia – @Journalist.yes)

4 komentar untuk “HARI PERTAMA: SAMBUT KEMERDEKAAN INDONESIA KE-77 DENGAN BERBAGAI MACAM LOMBA”

  1. Sangat responsif dan luar biasa

    Potensi luar biasa yang dimiliki oleh SMK PGRI Turen

    Salut untuk team jurnalistik SMK PGRI Turen, teruslah berkarya

  2. Salut bangga dengan tulisan kalian artikel ke 2 yg terbit tentang kegiatan sekolah berlatih terus selagi ada kesempatan bisa digunakan di masyarakat kelak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *