BERBUAT UNTUK NEGERI DENGAN MENELADANI AKHLAK RASULULLAH SAW

Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan menjadi tema HSN (Hari Santri Nasional) 2022. Untuk memeriahkan peringatan HSN, SMK PGRI Turen mengadakan kegiatan sederhana pada hari Jumat, 21 Oktober 2022. Menjadi sebuah tradisi dari tahun ke tahun, untuk merayakan HSN siswa-siswi dianjurkan menggunakan busana muslim tempo doloe yaitu menggunakan atasan putih dan bawahan nasional khas santri (sarung atau sewek) serta alas kaki klompen/bangkiak. Tema busana tersebut diambil karena untuk mengenang perjuangan santri jaman dahulu.

sumber: SMK PGRI Turen
sumber: SMK PGRI Turen

Peringatan Hari Santri Nasional tak lepas dari teks Revolusi jihad yang dicetuskan KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Resolusi jihad inilah yang menggerakkan santri, pemuda, serta masyarakat untuk berjuang melawan pasukan kolonial yang puncaknya terjadi pada 10 November 1945, yang di kemudian hari tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Peringatan HSN pada (21/10) dimulai dengan Upacara Apel yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah yaitu Bapak Wahyu Khoiril Hidayat, SE.,M.Pd. di ikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, XII, Guru, dan Karyawan SMK PGRI Turen. Apel dimulai pukul 07.30 WIB dan dilanjutkan dengan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula dengan membawa sholawat bersama. Pembacaan sholawat dipimpin oleh Tim Al-Banjari SMK PGRI Turen dan ditutup dengan makan bersama teman-teman di aula.

sumber: SMK PGRI Turen
sumber: SMK PGRI Turen

Masih berada di euforia menjadi santri jaman dahulu, makan bersama ditujukan supaya seluruh siswa-siswi merasakan menjadi “santri pondok” yang identik dengan makan bersama-sama di satu ruangan. (Gayuh/Churina/Uswa)

 

Report by: @journalist.yes

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *